var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Monday, January 2, 2017

Pertimbangan sebelum memulai usaha beternak ayam kampung super // joper

Berjumpa lagi dengan saya tirta dalam artikel Pertimbangan sebelum memulai usaha beternak ayam kampung super // joper

jalan hidup sebagai peternak tidak berbeda dengan kehidupan dengan jalan hidup lainnya. Ada kalanya senang dan ada kalanya susah. Kala senang adalah ketika harga panen tinggi dan bobotnya masuk, yang paling susah adalah ketika harga panen rendah ditambah dengan bonus penyakit sehingga bobot jadi turun.

Pengalaman ini akan saya sharingkan bagi Anda yang ingin beternak ayam kampung super/ joper untuk mempertimbangkan kembali usaha ini.


  1. Usaha ini bukanlah tipe usaha yang bisa dijadikan pokok pemasukan keluarga, karena tipe usaha ini dipengaruhi oleh harga panen. Usaha ini hanya untuk sampingan atau tambahan pemasukan. ntuk memahami maksud saya ini silahkan baca cerita yang terjadi pada dunia ayam jawa super pada artikel yang berjudul pengaruh jumlah peternak dan jumlah ayam (WAJIB DI BACA DAN DIPAHAMI DENGAN BAIK AGAR ANDA TIDAK MENYESAL SETELAH MEMUTUSKAN BETERNAK).
  2. Siklus waktu panen ayam kampung super paling cepat 50 hari, Artinya dalam waktu kurang lebih 2 bulan Anda tidak akan mendapatkan pemasukan. Jika Anda menggantungkan hidup Anda hanya dari sektor ini sangat berbahaya sekali. Beruntung jika pas Anda mulai harga jual ayam sedang baik dan kondisi ayam sehat-sehat sehingga menghasilkan bobot yang mantap. akan tetapi bagaimana jika harganya bagus (30.000/kg) tetapi bobot ayam Anda tidak masuk itungan. Pemasukan dalam waktu 2 bulan Anda tipis sekali. mungkin tidak akan menutupi kebutuhan hidup selama 2 bulan, beruntung jika keuntungan bisa mencapai nilai yang sama dengan biaya/pengeluaran hidup keluarga Anda selama waktu pemeliharaan ayam.
  3. Usaha ini tidak bisa berlangsung selama 1 tahun full. kenapa, karena ketika kandang Anda sudah terserang penyakit Anda harus mengistirahatkan kandang selama yang dibutuhkan, paling cepat dua minggu kandang kosong dan itupun kalau SOP desinfeksi sudah Anda kuasai dengan baik dan dilaksanakan dengan benar. jika belum bisa lebih lama lagi atau Anda bahkan sudah ketakutan untuk memulai memelihara lagi karena kawatir kandang anda sudah steril dari penyakit ataukah belum.
  4. Jika Anda memaksakan memelihara dalam waktu satu tahun perbandingan keberhasilan panen dan gagal panen mungkin berkisar di angka 3:2
  5. usaha ini tipe padat modal dan padat tenaga serta waktu jadi keuntungannya sangat tipis.
Demikan artikel yang berjudul Pertimbangan sebelum memulai usaha beternak ayam kampung super // joper semoga bermanfaat. jika Ada yang ingin menambahkan atau menganggapi silahkan Anda tuliskan di kolom komentar. 

salam wirausaha.





No comments:

Followers