var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Tuesday, December 13, 2016

Mengatasi Ayam kampung super yang malas makan a.k.a meningkatkan nafsu makan ayam kampung super/joper


#nafsu makan ayam kampung super turun, #Mengatasi Ayam kampung super yang malas makan a.k.a meningkatkan nafsu makan ayam kampung super/joper #cara meningkatkan nafsu makan ayam kampung super-joper. #ayam susah makan #pakan konsentrat diacak-acak dan tidak dimakan #trik mengoptimlakan pakan ayam kampung super-joper, #

Klik G+ ya kalo bermanfaat biar makin banyak orang yang terbantu jika artikel ini memang bermanfaat dan jangan lupa share ke sosmed agar menjadikan artikel ini lebih-lebih bermanfaat.

Pada Posting kali ini saya akan membagikan pengalaman saya untuk mengatasi ayam yang mendadak malas makan. Kejadian ayam yang malas makan ini pernah saya alami, hal ini kemungkinan disebabkan si ayam sedang tak enak badan karena terserang suatu penyakit atau karena kaget/shock/stress karena makanannya berubah dari yang biasanya atau bisa juga karena bosan dengan makanan yang ada. Akan tetapi pengalaman saya kalau ayam itu kaget karena perubahan makanan tidak berlangsung dalam waktu yang cukup lama.






Jika  Anda mengalami kejadian seperti pakan konsentrat pabrikan BR diacak-acak hingga berserakan bisa merupakan pertanda bosan dengan makanan yang ada, stress, atau bahkan sakit. Untuk itu saya akan coba bagikan trik untuk meningkatkan nafsu makan-nya. Untuk dapat menyukseskan trik ini Anda harus tega dengan ayam, saya sudah mempraktekkannya hingga saya mengalami kesulitan memberikan pakan ketika masuk ke kandang karena ayamnya sangat-sangat rakus dan saya sampai bingung ketika hendak meletakkan pakan, karena ayam mengerubungi dan menutup jalan akses ke tempat pakan karena saking nafsunya melihat pakan yang saya bawa.

Perlakuan yang saya terapkan ketika malam hari dalam memelihara jawa super adalah menyalakan lampu dan memberikan stock pakan kering yang cukup sampai pagi hari. Ketika hal yang sama Anda melakukan hal ini pada pemeliharaan ayam jawa super/kampung super/joper/japer/ Anda bisa menerapkan trik ini. Trik ini menerapkan pola kehidupan sehari-hari ayam kampung asli (biasa disebut aka). Ayam kampung asli yang dibiarkan liar umumnya selalu sehat dengan pola hidup makan tak menentu, istirahat(maen pasir(bahasa jawa kekipu dengan tanah/pasir)), dan tidur malam.

Hal yang penting disini pada bagian istirahat malam dan puasa di malam hari, ternyata tidak makan dimalam hari tidak menyebabkan kematian atau sakit(jika tidak terserang virus dan bakteri atau protozoa) bagi si ayam kampung justru badannya sehat dan nafsu makannya tinggi di pagi hari. Namun hal ini bertolak belakang dengan pemeliharaan ayam kampung yang dipelihara di dalam kandang. Yaitu dengan menyalakan lampu di malam hari dan menyediakan stok pakan dimalam hari dengan tujuan ayam kampung dalam kandang postal ini cepat pertumbuhannya dan bisa lebih cepat panen. Hal tersebut tidaklah salah, beruntung jika nafsu makan tinggi dan nutrient pakan terkonversi dengan baik menjadi daging. Namun sial bila sudah distock pakan di malam hari justru pakan tersebut diacak-acak hingga berserakan di litter dan sialnya lagi setelah jatuh tidak dimakan.

Jika menemukan hal seperti ini Anda bisa menerapkan trik ini:
1. Tidak usah memakai lampu dimalam hari, matikan saja dan biarkan ayam seperti ayam kampung yang dipelihara liar seperti di desa-desa.
2. Tidak usah distock pakan di malam hari karena lampu sudah dimatikan dan ayam tidak bisa mencari pakan.
3. Hal ini Anda lakukan minimal 3 kali, bagi ayam yang pinter di hari ke-2 mereka sudah lahap makan di sore hari.

Tujuan dari Dua hal di atas adalah mengajarkan pada si ayam agar bertingkah seperti ayam kampung asli yang selalu menghargai pakan apa saja yang diberikan. Kondisi diatas akan menyebabkan ayam puasa di malam hari dan memutus kebiasaan lama makan siang dan malam.

Perhatikan hal berikut ini:
1. Pada hari pertama dipastikan ayam kampung super/joper Anda tidak akan ad persiapan makanan di temboloknya karena hal itu diluar kebiasaannya. Kebiasaan ayam kampung asli yang diumbar adalah ketika sore hari menjelang tidur mendekati sebelum magrib, mereka akan semaksimal mungkin mengisi temboloknya untuk stock pakan di malam hari, karena mereka sudah paham dengan baik hakikatnya sebagai ayam kampung yang harus puasa di malam hari.
2. Siang harinya berikan pakan secukupnya hingga 0.5 jam sebelum Anda member pakan di sore hari tempat pakan ayam sudah kosong. Dengan kata lain berilah pakan yang menyebabkan ayam Anda berisik karena tempat pakan ayamnya kosong. Biarkan kejadian tersebut selama setengah jam. Biarkan mereka meminta dan memohon agar tempat pakannya diisi. Tahan emosi rasa kasian Anda pada saat ini. Setelah setengah jam berikan hak mereka.
3. Pada waktu kedua kalinya Anda mematikan lampu, akan ada ayam yang goblog dan yang pinter. Untuk ayam yang goblog dia lama belajar mengenai lampu yang dimatikan dan puasa di malam hari. Sedangkan untuk ayam yang pinter dia akan makan lahap untuk memenuhi temboloknya dengan makanan sebagai stock pakan di malam hari. Kesimpulannya ayam yang tidak cepat belajar ayam kelaparan lagi di malam ke dua, ayam pinter tetap nyaman di malam hari.
4. Pada saat ini hari ketiga setelah dua kali Anda tidak menyalakan lampu di malam hari. Silahkan beri pakan ayam Anda dan lihat nafsu makan ayam Anda. Jangan kaget kalau Anda di demo ayam anda sendiri karena mereka akan mencegat Anda di pintu masuk kandang.
5. Sore hari jangan kaget lagi, kejadian pagi hari akan terulang lagi.
6. Hari berikutnya terserah Anda mau dimatikan atau dinyalakan lampunya, karena nafsu makannya sudah tinggi.

Intinya adalah jangan berlebihan memberi pakan di malam hari dan siang hari sehingga mendidik ayam terpola dengan keadaan pakan yang selalu ada sehingga mereka tidak menghargai pakan yang diberikan. Usahakan setengah jam sebelum diberi pakan selanjutnya, tempat pakan ayam sudah habis.
Demikianlah trik Mengatasi Ayam kampung super yang malas makan a.k.a meningkatkan nafsu makan ayam kampung super/joper. Jika Anda rasa info ini bermanfaat sudilah kiranya membagikannya ke orang-orang yang Anda cintai secara pribadi atau dalam komunitas.
Salam wirausaha, semoga bermanfaat, Tuhan memberkati.


Info:
--> Harga ayam joper/kampung super hari ini 
--> tips menentukan harga ayam kampung
--> program pemeliharaan ayam kampung super 2 bulan
--> kunci kesuksesan beterrnak ayam jawa super / kampung super bagian III
-->kunci kesuksesan beternak ayam jawa super / kampung super (bagian II)
--> kunci kesuksesan beternak ayam jawa super / kampung super (bagian I)
-->Tips menjaga kesehatan ayam Jawa super (joper)
-->Analisis usaha biaya peternakan ayam jawa super / kampung super februari 2016 (terbaru)
-->Beternak Ayam Jawa Super
-->Trik menghilangkan bau kotoran ayam jawa super (joper)
-->Optimalisasi pakan ayam Jawa Super Pedaging
-->Hal-hal yang wajib Anda ketahui sebelum memulai beternak joper
-->Manajemen Kandang dan kotoran untuk beternak ayam Jawa Super
-->pengalaman kegagalan berternak ayam kampung super a.k.a tips menentukan DOC kampung super/jawa super
-->Ayam kampung super VS kampung super "Garut"



6 comments:

Oesmand said...

Berarti gk usah pake obat cacing ya? Ayam saya usia mau panen umur 52 hari tiba2 gak mau makan. Apa karena saya ganti ya dari pollar dedak katul jagung campur berganti full 511?

tirta said...

dicoba dulu mas triknya, harus tega ya mas, dan tetap tenang. kalau perilakunya rakus tapi tidak gemuk baru kesimpulannya cacingan. paling ayam anda akan turun bobot sedikit. semoga udara sedang tidak dingin, ayamnya bisa masuk angin kalau malam dingin dan tidak ada makanan di temboloknya.

perilaku ayam mogok makan murni karena manja diganti pakannya. semoga teori ini berlaku benar untuk Anda dan dapat dipraktekkan pada budidaya ayam periode berikutnya.

Agus said...

Mas ... Ayam2 saya umur 10 hari .. knapa jadi ga pada nafsu makan ya mas.. teemboloknya juga kosong .. saya kasih lampu 24 jam nonstop.. karna disini dingin.. suhu paling dingin bisa 14°c..mkasih

tirta said...

Terima kasih pertanyaannya @Agus.
1. suhu kandang memang harus hangat mas,
2. diberikan ekstrak jahe, untuk pagi dan sore untuk menghangatkan tubuh. (jahe dicacah direbus) mereka lebih senang kok minum jahe daripada air putih, pernah juga saya tambahkan daun sirih untuk antibotik alami.
3. makanan jangan pernah diganti, kalo dari kecil A ya A terus saja. karena kalo tidak akan ada resiko ayam stress jadinya tidak mau makan, kalau mau diganti harus bertahap sedikit demi sedikit dirubah selama 1 minggu, jangan terlalu beda banget. Semisal memutuskan ingin menurunkan perubahan untuk menurunkan biaya produksi harus siap mental ayam tidak mau makan.

semoga bisa lepas dan peternak yang tangguh setelah melewati kondisi ini,

YUDHISTIRA AN said...

Mulai umur berapa DOC ayam bisa di lakukan metode tersebut, karena di hari ke 4 DOC sdh mulai mengacak2 pakan..

tirta said...

Tidak perlu kasih obat cacing, itu cuma masalah penggantian pakan saja.

Followers