var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Thursday, November 17, 2016

Apa itu CPC, CTR, CPM, RPM







Di dalam sebuah akun google adsense kita akan menemukan beberapa istilah untuk memantau perkembangan permorfa unit iklan yang telah kita buat, istilah-istilah tersebut diantaranya adalah Page View, Page RPM, Impresion

, CPC, CTR, CPM dan eCPM, sebenarnya istilah tersebut adalah informasi analisa yang di berikan oleh google adsense untuk para publishernya, menanyangkut data yang berkaitan dengan penghasilan adsense yang mereka dapatkan.

#1. Page View
Page View / Page impression atau impressi bisa kita terjemahkan "halaman terlihat", adalah banhaknya halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan kepada pengunjung blog atau situs, nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita meletakan pada halaman sebanyak 5 buah unit iklan, sedangkan halaman tersebut telah ditampilkan/dilihat 10 kali, maka Page view/impresinya tetap saja adalah 10.

Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah banyaknya halaman yang ditampilkan dan  mengandung unit iklan adsense, sedang di webmaster, impressi berkaitan dengan banyaknya halaman yang ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan keyword tertentu yang dijadikan kriteria pencarian, semakin banyak impresi menunjukan bahwa halaman dalam blog tersebut mudah ditemukan oleh mesin pencari.

#2. Click 
 bermanfaat untuk mengetahui akumulasi jumlah klik dari semua iklan yang telah kita tempatkan pada halaman

#3. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah biaya yang ditawarkan oleh si pemasang iklan untuk tiap klik iklan miliknya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.

Faktor faktor yang berpengaruh terhadap nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung. Untuk mengetahu besarnya nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang tau 

namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush, caranya anda bisa baca tentang Cara menemukan High Paying Keyword pada google adsense.

Baca kuga artikel mengenai : cara menemukan CPC yang memiliki nilai tinggi

#3. CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan antara jumlah iklan yang di-klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan telah ditampikanl.  Agar lebih memudahkan memahaminya saya akan berikan contoh menghitungnya. Misalkan jumlah iklan yang telah dtampil sebanyak 100 kali, sedangkan iklan tersebut telah di-klik sebanyak 1 kali, maka perhitungan nilai CTR nya adalah 1/100 x 100%=1%, jadi jika dalam 100 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 1 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut.

#4.  RPM (Revenue Per Thoushand Impression)

RPM  adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai saluran yang berbeda. RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.

#5. Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.

Demikian beberapa istilah yang bisa saya bagiakan untuk anda mengenai  CPC, CTR , CPM, RPM semoga bisa membantu.

jangan lupa klik G+ jika bermanfaat ya.


No comments:

Followers