var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Wednesday, August 3, 2016

Program pemeliharaan ayam kampung super / jawa super 8 minggu (2 bulan) a.k.a program vaksinasi ayam kampung super/ jawa super

Selamat malam pembaca,
Malam ini saya akan membagikan informasi yang menurut saya penting untuk dibagikan kepada para peternak dan calom peternak ayam kampumg super atau jawa super. Pada program pemeliharaan ini saya berfokus pada program meminimalisir persentase kematian. Dengan menggunakan program ini persentase kematian yang saya alami terhitung sangat kecil dari 400 ekor hanya 3-5 ekor yang mati, itupun kematian hanya disebabkan karena mati terinjak kawanan ayam.

program pemeliharaan ini mudah sekali dihafal karena program vaksinasi dilakukan pada awal minggu I, II, III, dan IV

hari ke-1 vaksinasi ND IB (tetes mata)
hari ke-7 vaksinasi Gumboro A (cekok = tetes mulut)
hari ke-14 vaksinasi gumboro A (ulangan perlakuan melalui air minum)
hari ke-21 vaksinasi ND La Sotta (perlakuan air minum)
dengan catatan ayam yang sedang sakit tidak diikutsertakan dalam proses vaksinasi

adapun penggunaan antibiotik melalui minum hanya saya lakukan pada hari pertama hingga hari kelima ke-31 hingga hari ke-35, sisanya saya hanya menggunakan minuman probiotik berupa EM5 (maksudnya adalah larutan EM4 komersiil yang saya perbanyak dengan menggunakan molase dan air)

Program ini berjalan dengan baik pada lokasi saya di sekitar jalan kaliuran 10.9 sleman yogyakarta, namun tidak menutup kemungkinan dan layak untuk dicoba di lokasi peternakan Anda. Informasi lain yang penting untuk saya sampaikan adalah kondisi kandang. Kondisi kandang DOC yang saya gunakan adalah dengan menggunakan kandang box sebanyak 4 tingkat dengan ukuran panjang 200cm, lebar 50cm, dan ketinggian 180cm, dengan menggunakan sebuah lampu 5 watt super di setiap tingkatnya. Total saya menggunakan lampu 5w super. (dalam ukuran kandang box ini kematian di awal pemeliharaan kerap terjadi di setiap lantai kemungkinan mati 1-2 ekor karena berdesakan, solusinya adalah sudut kandang jangan dibuat sudut 90 derajat, sebaiknya ditambahkan papan hingga membentuk sudut 45 derajat, jadi ayamm yang terdesak kemungkinan bisa mlipir untuk meloloskan diri dan tidak tersudut pada sudut 90 derajat)

Ayam turun ke kandang postal dengan ukuran 3mx2,5m (408ekor) pada umur 13 hari. tirai dibukan setiap hari dan jika kondisi lingkungan terasa dingin tirai ditutup rapat. dan pada malam hari diberi sebuah lampu penghangat dan penerangan (total 2 buah lampu). setelah ayam dirasa berdesakan dipindahkan ke kandang yang lebih luas.

demikianlah Program pemliharaan ayam kampung super / jawa super 8 minggu (2 bulan) versi saya semoga bermanfaat. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dalam kolom komentar di bawah ini. jika artikel ini bermanfaat bagi teman/sahabat/keluarga Anda, alangkah baiknya jika Anda bagikan kepada mereka yang Anda kasihi. melalui tombol share dan like facebook yang telah disediakan.

salam mandiri.

No comments:

Followers