var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Saturday, November 5, 2016

Retail bisnis susu formula dan peluangnya

PELUANG USAHA TOKO SUSU

Toko susu adalah pilihan peluang usaha yang cukup bagus, hal ini dikarena susu khususnya produk produk susu formula adalah kebutuhan hampir semua rumah tangga di Indonesia. Bagi rumah tangga yang memiliki anak balita dan ibunya tidak menyusui karena bekerja susu adalah kebutuhan pertama yang ada dalam list belanja mereka. 

Bagi para ibu mendapatkan susu dengan harga yang lebih miring (semiring-miringnya bahkan kalo bisa miringnya mengalahkan velentino Rosi) tentu akan sangat membantu keuangan rumah tangga mereka. Di sinilah peluang itu, akan tetapi perlu hati-hati pemiliki toko perorangan seperti ini usahanya akan sulit berkembang? 

Dalam artikel ini saya akan kupas tuntas potensi bisnis toko susu dan kendala yang dimiliki toko susu perorangan sehingga sulit berkembang. Toko Susu adalah usaha yang sifatnya padat modal dengan margin yang ketat. Sebenarnya semua orang bisa saja membuka toko susu sendiri. Namun ada beberapa faktor yang membuat toko susu perorangan yang dikelola secara mandiri sulit bisa berkembang.


Pada dasarnya ada dua macam jalur distribusi susu kepada masyarakat, yaitu melalui model Traditional Market dan Modern Market. Traditional Market di sini adalah semua toko yang dimiliki dan dikelola secara mandiri, termasuk toko susu toko susu perseorangan yang banyak bertebaran saat ini. Sedangkan yang dimasud Modern Market disini adalah Hypermarket, Supermarket besar serta jaringan Minimarket

Dalam melakukan penjualannya pabrik susu dan distributor susu resmi juga memakai dua divisi penjualan, yaitu: Divisi Traditional Market dan Divisi Modern Market. Divisi Traditional Market melakukan penjualan kepada traditional market, sedangkan Divisi Modern Market melayani penjualan kepada modern market.

Pabrik susu melalui distributor resminya memberikan perlakuan yang berbeda antara traditional market dan modern market. Perlakuan yang berbeda itu antara lain dari segi harga dan promosi. Pada dasarnya harga dan promosi yang diberikan kepada traditional market jauh kalah bersaing dibanding harga dan promosi yang diberikan kepada modern market. Hal ini berkaitan dengan VOLUME PEMBELIAN.

Volume pembelian dari jaringan modern market jauh lebih besar dibandingkan dengan volume pembelian traditional market. Modern market melakukan pembelian satu pintu untuk kebutuhan seluruh jaringan mereka. Sementara traditional market hanya melakukan pembelian sebatas kebutuhan toko mereka saja. Dari sini jelas bahwa perlakuan pabrik dan distributor resmi susu jauh berbeda.

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa pembeda antara modern market dengan traditional market adalah volume pembeliannya! Tidak perduli seberapa modern management dan fasilitas toko susu kita akan tetap dianggap sebagai traditional market selama volume pembeliannya tidak memenuhi syarat.


Selain perbedaan perlakuan dari segi harga, pabrik susu melalui distributor resminya juga memberikan perbedaan perlakuan dalam hal cara bayar. Karena volume pembeliannya yang kecil traditional market wajib membayar secara cash pembelian barang dagangannya. Sementara jaringan modern market bisa membayar secara tempo.

Dalam mengejar target penjualannya, distributor resmi pabrik susu sering memberikan diskon khusus dengan syarat volume penjualan tertentu. Program promo seperti ini hanya bisa dinikmati oleh modern market karena hanya merekalah yang mampu melakukan pembelian dalam jumlah besar. Dengan tujuan mengejar diskon maksimal yang ditawarkan, maka pada kondisi penawaran promo ini biasanya pihak jaringan ritel modern market akan membeli dengan kapasitas jauh diatas kemampuan jual mereka. Namun karena dapat fasilitas membayar secara tempo maka mereka melepas kelebihan stok susu tersebut dengan program promo pula. Inilah alasan mengapa jaringan modern market sering melakuka program promo dengan harga susu yang bisa dibawah harga distributor.

Penawaran promo dari jaringan ritel modern inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh pemilik toko susu perseorangan. Mereka bisa membeli dengan harga murah untuk dijual kembali dengan harga yang bersaing. Namun ada kelemahan mendasar disini, pembelian dengan harga promo dari jaringan ritel modern market tidak bisa diretur atau dikembalikan. Bahkan ketika produk susu sudah kadaluarsa! Sebab retur hanya bisa dilakukan untuk pembelian yang dilakukan kepada distributor resmi saja. Jadi jika pemilik toko susu membeli dari pedagang besar atau trader yang menjanjikan retur sebaiknya waspadalah! Karena merekapun membeli dari jaringan modern market yang sedang melakukan program promo tadi. Bagaimana bisa mereka menjanjikan retur kepada pelanggannya jika mereka sendiri tidak berhak melakukan retur?

Dari penjelasan diatas jelas sudah bahwa usaha toko susu yang dimiliki dan dikelola secara perseorangan akan sulit bersaing dengan jaringan modern market. Bagaimanapun jaringan modern market secara mendasar memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak bisa dimiliki oleh traditional market, yaitu VOLUME PEMBELIAN.

Lantas apa solusi bagi Anda yang ingin membuka toko susu? Bagaimanapun usaha toko susu adalah usaha yang sangat menjanjikan karena hampir semua rumah tangga adalah pengkonsumsi susu.
Jawabannya mudah, anda bisa :

1. bergabung dengan jaringan waralaba toko susu! Dengan bergabung bersama dalam jaringan secara langsung maka Anda memiliki segala keunggulan yang dimiliki oleh jaringan modern market. Karena volume pembelian yang besar maka sebagai bagian dari jaringan Toko Susu Anda bisa memberikan harga yang selalu kompetitif. Perlu diingat di Indonesia banyak sekali produk susu yang beredar. Satu pabrik susu bisa mengeluarkan berbagai jenis brand susu. Bahkan untuk produk yang sama pun kemasannya bisa bermacam-macam. Jadi untuk membuka toko susu dengan variasi produk dan kemasan yang komplit dibutuhkan investasi yang sangat besar. Namun dengan bergabung dalam jaringan waralaba Anda bisa mengoptimalkan investasi Anda karena stock barang dagangan menjadi tanggung jawab mereka. Dengan kata lain setiap gerai Toko Susu akan mendapat pinjaman barang dagangan. Anda tidak perlu dipusingkan dengan persoalan produk kadaluarsa yang tidak bisa diretur. 

2. Mendirikan jaringan bersama toko susu dengan sistem kemitraan, akan tetapi kekurangan dalam sistem ini adalah barang yang Anda telah beli tidak bisa diretur. Faktanya informasi saat ini jika saya memiliki toko susu saya berani/mampu menjual harga susu formula lebih murah dibandingkan dengan pasar modern karena saya memiliki jaringan yang baik dalam hal ini. dan semisal jika volume pembelian saya makin besar karena penjualan kita, maka otomatis harga yang bisa ditawarkan ke konsumen bisa membuat selisih lebih banyak lagi dari pasar modern. Hal ini masih membuka peluang bagi Anda yang ingin membangun kemitraan dengan saya dan masih perlu dibicarakan. 

Idenya        : Retail khusus product susu
Marketnya  : Masih sangat menjanjikan
SEMOGA ADA YANG MENCOBA SPECIALITY STORE " TOKO SUSU" DENGAN KONSEP MODERN tapi bukan oleh konglomerasi, cukup perorangan saja. Jika ada saya akan membantu dengan suka cita, karena di tulisan ini saya hanya menuliskan sekelumit ingatan saja saat jalan-jalan.

Jika ada yang baca tulisan ini, silakan kita diskusikan posting ini!

Keyword : 
bisnis susu murah, bisnis toko, bisnis toko susu, jaringan ritel modern market, Jaringan Toko Susu, Jaringan Toko Susu hemat, Minimarket Susu, modal usaha toko susu, Modern Market, peluang toko susu, PELUANG USAHA, PELUANG USAHA TOKO SUSU, peluang usaha toko susu bayi, peluang usaha toko susu formula, potensi bisnis toko susu, prospek bisnis susu, stok susu, susu, susu adalah kebutuhan pertama, susu formula, SUSU MURAH, susu tradisional, tawaran bisnis toko susu, Toko Susu, toko susu hemat, Toko Susu Murah, toko susu perseorangan, toko susu tradisional, usaha toko, usaha toko susu, Waralaba Toko Susu Hemat

No comments:

Followers