var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Friday, October 7, 2016

Ayam kampung super VS kampung super "Garut"


Berjumpa lagi dengan saya Tirta, kali ini saya akan membicarakan tentang Ayam kampung super / jawa super "Garut". Pada bagian awal saya akan bercerita mengenai ayam petelur yang diclaim ayam jawa super dan diberi nama ayam jawa super "Garut". Selanjutnya saya akan memberikan tips membedakan DOC ayam kampung super dan DOC kampung super "Garut"

Ayam kampung super "Garut", ya itulah yang kini marak dibicarakan oleh para peternak ayam kampung/ ayam jawa super belakangan ini, ini terjadi karena banyak peternak kecewa dengan ayamnya, Ayam ini setelah dipelihara sekian lama dan ketika sudah tumbuh besar hasilnya menyerupai ayam broiler petelur. Sayapun mengalami hal yang sama. Informasi ini harus saya bagikan karena kini makin maraknya promosi DOC di internet yang menawarkan DOC ayam kampung super atau jawa super yang notabene para pembeli belum mengetahui dengan pasti kualitasnya. 


Menurut beberapa sumber penelusuran in:formasi bahwa ayam kampung super garut ini ada yang mengatakan
1. Memang produk sortiran dari ayam petelur yang kualitasnya kurang dan memang harus dijual.
2. produk coba-coba persilangan dalam membuat ayam jawa super yang sesungguhnya namun tetap di tawarkan kepada peternak, dengan kata lain ini adalah tipe ayam kampung super yang belum jadi. 3. ayam ini adalah ulah pedagang DOC nakal yang memang sudah tahu bahwa itu adalah ayam petelur sortiran namun tetap dijual dan di-claim dengan nama ayam kampung super. caranya agar tidak dicurigai penjual adalah dengan memasukkan beberapa DOC ayam kampung super yang sebenarnya diantara DOC ayam petelur sortiran tersebut.

Menurut saya menjual DOC ayam broiler petelur yang di-claim ayam jawa super/kampung super Garut tidaklah salah selama si penjual memberikan informasi bahwa DOC yang dijual itu memang sesuai keadaan. Akan tetapi adalah salah ketika yang dicari adalah DOC ayam kampung super/jawa super tetapi diberikan DOC ayam kampung super/jawa super Garut. Mengapa hal ini salah? ya jelas saja para peternak yang mencari DOC ayam kampung super akan memelihara dengan cara-cara ayam kampung super bukan dengan tata cara ayam kampung super Garut. Hal ini tentu saja akan merugikan peternak karena akan menghasilkan berat badan yang berbeda ketika masa panen. Dan satu lagi kerugian peternak adalah harga beli DOC yang tidak sesuai karena DOC ayam petelur dijual dengan harga kampung super, dan ketika dipanen tidak semua pedagang/suplier ayam membeli dengan harga ayam kampung super pada kondisi pasar saat itu namun justru dibeli dengan harga ayam layer atau petelur. Kebetulan sekali saya dibeli dengan harga kampung super, namun rekan saya bercerita dibeli dengan harga layer.

Sekali pengalaman saya, DOC kampung super garut tumbuh lebih cepat sebelum umur 1 bulan, akan tetapi ketika umur di atas 1 bulan pertumbuhannya kurang optimal dibandingkan dengan yang sebelum 1 bulan. Dan saya kecewa dengan ayam kampung super garut ini, karena pada waktunya panen hanya menghasilkan bobot 7, 8. (hasil yang buruk untuk pemeliharaan ayam kampung super dengan jumlah pakan yang sama dengan pemeliharaan biasanya yang pernah saya lakukan).

Perlu saya tegaskan di sini tulisan ini bukan berarti saya tidak suka dengan para suplier DOC ayam petelur yang diberi brand kampung super Garut ini. Hanya saja saran saya ketika Anda menjual DOC kampung super "garut" ini, Anda harus berkata jujur bukan asal laku dagangan Anda.  dan bagi peternak Ketika Anda memutuskan membeli DOC kampung super garut itu bukanlah hal yang salah, akan tetapi menjadi salah ketika Anda tidak mengetahui tata cara pemeliharaannya. Seandainya suplier DOC jujur tentunya peternak akan lebih mengetahui segala konsekuensinya sehingga tidak ada yang dirugikan.

Cara membedakan ayam kampung super dan kampung seuper "garut" adalah DOC ayam kampung super bervariasi morfologi warna, meliputi : warna hitam, krem, coklat, abu-abu, putih. sedangkan DOC kampung super "garut" persentase DOC berwarna hitam dan putih sedikit sekali sedangkan dominan berwarna krem dengan warna sayap krem dan sayap krem dengan variasi bulu hitam kecoklatan. Inti cara membedakan kedua tipe ayam ini adalah melalui variasi morfologi warna DOC.



Disini saya akan memberikan tips untuk meningkatkan persentase ayam kampung super agar sesuai harapan kita. Cek dahulu Semua DOC dan amati komposisi warna DOC. Jika perbandingan variasi warna hitam-putih-coklat-dsb merata kemungkinan besar itu adalah jawa super yang kita harapkan. Akan tetapi jika tidak demikian saya sarankan jangan dipilih box ayam tersebut karena kemungkinan Anda akan memelihara ayam jawa super "Garut"

Pada paragraf ini saya mengajak bagi para suplier,DOC, peternak, pedagang ayam kampung super yang di-claim kampung super "garut" untuk :
  1. mengklarifikasi, 
  2. menyanggah, 
  3. mengedukasi peternak dan memberikan tata cara pemeliharaan pada para peternak mengenai DOC kampung super yang di-claim kampung super "garut" ini, agar sama-sama diuntungkan. dari sudut pandang peternak nyaman, dari para penjual DOC tetap laris manis. Akan tetapi jika tidak klarifikasi dari suplier DOC, saya tetap berpendapat bahwa saya kecewa dengan DOC petelur ini namun di-claim sebagai ayam kampung super "Garut"
  4. sharing keberhasilan memelihara ayam kampung super "Garut" 
Demikianlan artikel mengenai Ayam kampung super VS kampung super "Garut". Jika Anda rasa informasi ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda untuk menambah wawasan pengetahuan seputar peternakan. Terima kasih

Salam Mandiri

No comments:

Followers