var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Wednesday, February 17, 2016

Tips menjaga kesehatan ayam Jawa super (joper)


Hewan ternak yang selalu dalam kondisi sehat merupakan harapan dari setiap peternak, termasuk beternak ayam Jawa Super (joper). Kesehatan ayam joper bisa dijaga dengan menjaga kebersihan kandang, kualitas pakan, dan kesehatan saluran pencernaan. Pada kebersihan kandang sudah saya bicarakan pada posting yang berjudul Manajemen Kandang dan kotoran untuk beternak ayam Jawa Super.
Berikut ini saya akan sampaikan ringkasan tips untuk menjaga Ayam Jawa Super Anda nanti sehat-sehat, namun jangan lupa disamping usaha Anda untuk menjaga ayam dalam kondisi yang sehat masih ada kekuatan lain yang meningkatkan kesehatan ayam Anda yaitu jangan lupa berdoa. Karena semua yang hidup di muka bumi tergantung dari kehendak yang kuasa. Oke inilah tipsnya:
1.       Usahakan di pagi hari terkena sinar matahari, biarkan mereka mandi sinar matahaari di pagi hari setelah melalui malam yang dingin. Biasanya sekitar jam 07.00 mereka akan membersihkan bulu-bulunya sambil berjemur. (cirri ayam yang sehat) jika ada yang tidak berjemur kemungkinan ayam kurang sehat. Segera perhatikan ayam-ayam tersebut arahkan mereka ke jatuhnya sinar matahari pagi.
2.       Bau adalah indikator kandang kurang optimal untuk dihuni. Bau disebabkan oleh kotoran. Jika Anda menggunakan sekam atau sekam dan pasir sebagai litter, Anda wajib menambahkan sekam tersebut.
3.       Tempat makan dan minum 4 hari sekali dicuci dengan desinfektan. Rendamlah 30 menit dengan larutan desinfektan dan keringkan. Jadi Anda perlu cadangan perlengkapan minimal satu setiap kandang. Jika bisa setiap akan mengganti minum cuci yang bersih sampai rasa licin pada tempat minum hilang. Licin tersebut adalah pertanda terjadi pertumbuhan populasi bakteri.
4.       Berikan kebutuhan pakan sesuai dengan usia pertumbuhannya, jangan dikorupsi (dikurangi). Usahakan air minum selalu tersedia untuk mereka. Cek pagi siang dan sore. Untuk malam hari saya menggunakan lampu penerang oleh karenanya saya persiapkan lebih banyak stock pakan agar tidur kita nyenyak. Jika diberi lampu ydengan pencahayaan yang cukup ayam tetap akan mencari makan jika lapar, asumsi saya ayam akan lebih cepat pertumbuhannya jika dibandingkan kandang yang tidak diberi lampu.
5.       Hindari atau buang jauh-jauh dari kandang bahan-bahan bukan pakan yang bisa ditelan ayam jawa super (joper), seperti rafia, karet gelang, dsb. untuk menjaga system pencernaan mereka.
6.       Berikan ramuan tradisional untuk meningkatkan vitalitas ayam. Saya tidak menggunakan ramuan tradisional tetapi saya menggunakan teknologi yang sudah disiapkan oleh NASA berupa, campuran Hormonik, POC multiguna, dan Viterna. Dalam kasus ini saya tidak menggunakan antibiotik sama sekali atau vaksin. Jika Anda berminat namun kesulitan mendapatkannya Anda bisa menghubungi saya di nomor 085292110227.
7.       Lakukan vaksinasi sesuai jadwal secara disiplin.
8.       Lakukan sanitasi kandang secara disiplin, seperti pembersihan litter dalam kandang dan pencucian kandang kemudian dibilas dengan desinfektan yang dilarutkan dalam air bersih, semprot juga bagian didnding. Lakukan pengapuran lantai dan dinding untuk membunuh mikroorganisme dan jamur sebagai tindakan preventif. Seteah itu lakukan penyemprotan formalin untuk membunuh bibit penyakit dan diamkan kandang kosong selama 10 hari.
Demikianlah Tips menjaga kesehatan ayam Jawa super (joper), jika ada tips yang lain dan Anda ingin berbagi ilmu tersebut, silahkan tinggalkan informasi Anda pada bagian komentar, karena blog ini berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan siapa saja. pada pada posting selanjutnya saya akan menuliskan artikel “Membuat pakan alternatif untuk ayam Jawa Super yang tepat sesuai dengan fase pertumbuhan
Semoga bermanfaat.
Salam Mandiri



No comments:

Followers