var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Saturday, August 29, 2015

Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Menginstall Linux


Hallo portalista! Pada posting yang lalu saya telah membicarakan tentang mana yang lebih baik apakah memakai linux atau Windows. Pada kesempatan kali ini Tirta akan menuliskan mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Menginstall Linux.


Oke langsung saja hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Menginstall Linux adalah:
  1. Persiapan mental untuk belajar sesuatu yang baru
  2. Dalam satu PC atau Laptop, Anda dapat menginstal 2 macam OS.
  3. Instalasi linux itu saat ini mudah untuk dilakukan
  4. OS dan Softwarenya bersifat gratis dan mencarinyapun mudah.
oke kita bahas satu persatu.

1. Persiapan mental untuk belajar sesuatu yang baru.
Tentu saja hal yang satu ini mutlak diperlukan karena pada prinsipnya belajar adalah proses sepanang hayat. Jadi yang namnaya baru belajar itu susah, apapun itu tidak terkecuali.Tapi jangan diartikan susah itu pasti tidak bisa dilakukan. Anda pasti bisa handal menggunakan sesuatu yang baru jika belajar. Jika sudah bisa saya jamin pasti mudah. Jadi jangan takut untuk belajar, karena semua manusia itu mengalaminya.

2. Dalam satu PC atau Laptop, Anda dapat menginstal 2 macam OS.
Nah ini dia hal yang menarik, jika Anda sudah terbiasa dengan Windows dan bosan dengannya. Maka Anda tidak perlu repot-repot untuk menghapus Windows Anda, karena Linux dapat Anda install setelah Anda menginstal Windows. Jadi Anda yang sedang dalam tahap belajar jika merasa kesulitan dengan Linux tidak perlu repot-repot menginstal Windows lagi. Hal inilah yang disebut dengan Dual-Boot System. Pada saat PC atau Laptop Anda menggunakan Dual-Boot System maka Anda bebas memilih akan menggunakan Linux ataupun Windows. 

3. Instalasi linux itu saat ini mudah untuk dilakukan.
Benar pada awalnya jika proses instalasi OS dan software linux itu sulit, saya sangat setuju dengan itu. Tapi dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyak pengguna linux kini proses instalasi semakin mudah untuk dilakukan. Kini yang perlu Anda lakukan hanyalah memiliki live-DVD atau atau live USB. 

Untuk mendapatkan Live-DVD, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara mendownload suatu distro ubuntu yang Anda sukai, kemudian Anda burn ke dalam sebuah DVD kosong, atau jika Anda tidak mau repot dan memiliki uang lebih tinggal beli saja live-cdnya. Jika memutuskan live-USB yah sama tinggal memasukan file distro tersebut ke USB.

Sebagai gambaran yang perlu Anda ketahui adalah untuk distro Ubuntu 13.10 (Saucy Salamander) Anda harus mendownload file sebesar hampir 1 GB. Jika Anda mau Anda tinggal pesan ke saya dan mengganti biaya jasa pembelian DVD, burning, dan onglos kirim. Dengan menghubuungi saya via email di tirtaperwitasari05@gmail,com

Untuk tutorial instalasi akan dibahas dalam posting  yang berjudul cara/panduan instalasi ubuntu 13.10 dualboot dengan windows 8.1

4. OS dan Softwarenya bersifat gratis dan mencarinyapun mudah.
Seperti yang telah saya bahas di atas, OS linux yang Anda akan download dan bersifat gratis dan jika terpaksanya harus membeli maka itupun biaya jasa pembuatan dan pengiriman CD. Selain itu Anda tidak perlu kawatir untuk mencari/surfing di internet software-software ubuntu karena yang perlu Anda lakukan adalah tinggal meng-klik shortcut Software Centre dan mengetikkan software yagn Anda butuhkan pada serachbox dan tinggal install.

5. Distro linux
Secara mudah Linux dengan debian mengacu pada kata Ubuntu, Ubuntu sendiri masih bersifat umum karena ada banyak varian-nya. Varian Ubuntu dari yang konvensional hingga canggih diurutkan dan diberi nama secara alfabetis (urutan mulai dari A-Z) atau tingkat nomor. sebagai contoh saya kini menggunakan varian ubuntu saucy Salamander yaitu versi ubuntu 13.10 padahal kini sudah keluar yang terbaru yang lebih baik yaitu ubuntu varian Willy Warewolf yaitu versi ubuntu 15.10. Yang perlu Anda pertimbangkan adalah bahwa semakin tinggi angka versinya maka file yang Anda download semakin besar. Jadi silahkan pilih ubuntu berdasarkan kemampuan atau kesukaan Anda terhadap suatu distro linux

6. Untuk Mencoba suatu Distro Ubuntu Anda tidak perlu install.
Hal yang menarik berikutnya adalah Anda harus tahu bahwa untuk memilih suatu distro Anda tidak perlu mengistal terlebih dahulu karena pada live-DVD atau live USB suatu distro disertai dengan fasilitas ini! yaitu fasilitas mencoba ubuntu tanpa install, yang perlu Anda lakukakn adalah memilih menu "try ubuntu without install".

ketika Anda memilih menu ini Anda tidak perlu kawatir untuk kehilangan OS atau data pada hard disk Anda. Asalakan Anda tidak mengklik shortcut instalasi semua akan baik-baik saja. Selain itu ketika sudah masuk desktop Anda sudah bisa :
  1. mencoba officenya (libre Office) tetapi belum bisa menyimpan tulisan yang telah Anda buat karena Ubuntu sedang Anda coba dan belum diinstall, 
  2. Wifi dapat digunakan tanpa perlu pasang Driver seperti diWwindows jadi ketika ini dilakukan Anda sudah bisa surfing internet dengan menggunakan mozilla firefox.
  3. dan sisanya silahkan Anda cari tahu sendiri. dengan catatan jika Anda belum back up data di hard disk Anda sebagai pemula sebaiknya jangan tekan shorcut "install ubuntu"
demikianlah Hal-hal yang perlu Ana ketahui sebelum Menginstall Linux.

Jika Anda suka dan merasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi informasi ke jaringan sosial Anda. terima kasih sudah mampir.




No comments:

Followers