var popunder = true;

Featured Post

Review dan Analisis bisnis peluang usaha Laundry

Salam wirausaha para pembaca, kali ini Tirta akan bagikan informasi wirausaha yang diperoleh dari sumbernya langsung yaitu Dee-Laun...

Thursday, December 4, 2014

Optimasi #6 | Manfaatkan perkembangan mobile phone

A.    Beri tahu Google tentang situs seluler

1.    Konfigurasikan situs seluler agar dapat terindeks dengan tepat.

Tampaknya seluler semakin mendunia, dengan begitu banyak orang menggunakan telepon seluler setiap hari, dan basis pengguna yang besar menelusuri di halaman penelusuran seluler Google. Akan tetapi, sebagai webmaster, menjalankan situs seluler dan menarik pemirsa penelusuran seluler tidaklah mudah. Situs seluler tidak hanya menggunakan format yang berbeda dari situs desktop normal, namun metode pengelolaan dan keahlian yang diperlukan juga berbeda. Akibatnya, muncul beragam tantangan baru. Meskipun banyak situs seluler dirancang dengan perhatian pada penayangan seluler, situs tersebut tidak dirancang untuk ramah penelusuran. Berikut kiat pemecahan masalah untuk membantu memastikan bahwa situs Anda dirayapi dan diindeks dengan semestinya:


2.    Verifikasikan bahwa situs seluler Anda terindeks oleh Google

Jika situs web Anda tidak muncul dalam hasil penelusuran seluler Google meskipun menggunakan site: operator, mungkin situs Anda mengalami salah satu atau kedua masalah berikut:



1.    Googlebot mungkin tidak dapat menemukan situs Anda Googlebot harus merayapi situs Anda sebelum situs dapat dicantumkan dalam indeks penelusuran kami. Jika situs baru saja Anda buat, kami mungkin belum mengetahuinya. Jika itu masalahnya, buat Petasitus Seluler dan kirimkan ke Google untuk memberi tahu tentang keberadaan situs kepada kami. Petasitus Seluler dapat dikirimkan menggunakan Alat Webmaster Google, sama seperti Petasitus standar

2.    Googlebot mungkin tidak dapat mengakses situs Anda

Beberapa situs seluler menolak akses dari apa pun kecuali telepon seluler, yang membuat Googlebot tidak mungkin mengakses situs tersebut, dan karenanya, membuat situs tidak dapat ditelusuri. Perayap kami untuk situs seluler adalah "Googlebot-Mobile". Jika Anda ingin situs Anda dirayapi, izinkan User-agent apa pun, termasuk "Googlebot-Mobile", mengakses situs Anda (2). Anda seharusnya juga menyadari bahwa Google dapat mengubah informasi User-agent miliknya kapan pun tanpa pemberitahuan, sehingga Anda sebaiknya tidak memeriksa apakah User-agent benar-benar cocok dengan "Googlebot-Mobile" (User-agent yang sekarang). Alih-alih, periksa apakah bagian kepala User-agent berisi string "Googlebot-Mobile". Anda juga dapat menggunakan Pencarian DNS untuk memverifikasi Googlebot.

3.    Verifikasi bahwa Google dapat mengenali URL seluler Anda.

Setelah Googlebot-Mobile merayapi URL Anda, kami kemudian akan memeriksa apakah tiap URL dapat dilihat di perangkat seluler. Halaman yang kami putuskan sebagai tidak dapat dilihat di telepon seluler tidak akan dimasukkan dalam indeks situs seluler kami (meskipun halaman tersebut mungkin dimasukkan dalam indeks web reguler). Penentuan ini didasarkan pada beragam faktor, salah satunya adalah deklarasi "DTD (Definisi Tipe Dokumen)". Periksa apakah deklarasi DTD URL ramah seluler Anda adalah format seluler yang sesuai, misalnya XHTML Mobile atau Compact HTML (3). Jika formatnya kompatibel, halaman tersebut memenuhi syarat untuk indeks penelusuran seluler. Untuk informasi selengkapnya, lihat Pedoman Webmaster Seluler.


B.    Pandu pengguna seluler dengan akurat

“Menjalankan versi desktop dan seluler situs Anda”

Salah satu masalah paling umum bagi webmaster yang menjalankan versi seluler maupun desktop dari suatu situs adalah bahwa versi seluler situs tersebut muncul untuk pengguna di komputer desktop, atau versi desktop situs tersebut muncul saat seseorang mengaksesnya dari perangkat seluler. Dalam menangani skenario ini, berikut dua opsi yang memungkinkan:

“Alihkan pengguna seluler ke versi yang benar”

Saat pengguna seluler atau perayap (misalnya Googlebot-Mobile) mengakses versi desktop dari suatu URL, Anda dapat mengalihkannya ke versi seluler dari halaman yang sama. Google memperhatikan hubungan antara kedua versi URL dan menampilkan versi standar untuk penelusuran dari desktop dan versi seluler untuk penelusuran seluler. Jika Anda mengalihkan pengguna, pastikan bahwa konten di URL seluler/desktop yang sesuai sudah sama (1). Misalnya, jika Anda menjalankan situs berbelanja dan ada akses dari telepon seluler ke URL versi desktop, pastikan bahwa pengguna dialihkan ke versi seluler dari halaman untuk produk yang sama, dan tidak ke beranda situs versi seluler. Kami sering menemukan situs yang menggunakan jenis pengalihan ini dalam upaya untuk meningkatkan peringkat penelusuran mereka, namun praktik ini hanya berakibat pada pengahalaman negatif pengguna, sehingga harus benar-benar dihindari.

Akan tetapi, jika ada akses ke URL versi seluler dari browser desktop atau oleh perayap web kami, Googlebot, mengalihkannya ke versi desktop tidaklah diperlukan. Misalnya, Google tidak mengalihkan pengguna desktop secara otomatis dari situs seluler ke situs desktopnya; melainkan menyertakan tautan di halaman versi seluler ke versi desktop. Tautan ini akan berguna terutama saat situs seluler tidak memberikan fungsi versi desktop secara lengkap—pengguna

dapat bernavigasi ke versi desktop dengan mudah jika mereka mau.
“Beralih konten berdasarkan User-agent”

Beberapa situs memiliki URL yang sama untuk desktop dan kontenseluler, namun mengubah formatnya menurut User-agent. Dengan kata lain, baik pengguna seluler maupun pengguna desktop mengakses URL yang sama (misal: tanpa pengalihan), namun konten/format sedikit berubah berdasarkan User-agent. Dalam kasus ini, URL yang sama akan muncul untuk penelusuran seluler maupun penelusuran desktop, dan pengguna desktop dapat melihat versi desktop dari konten, sementara pengguna seluler dapat melihat versi seluler dari konten

Akan tetapi, perhatikan bahwa jika Anda gagal mengonfigurasi situs dengan benar, situs Anda dapat dianggap sebagai penyelubungan, yang dapat berakibat pada hilangnya situs Anda dari hasil penelusuran . Penyelubungan merujuk p a d a u p aya u n tu k meningkatkan peringkat hasil penelusuran dengan menyediakan konten berbeda ke Googlebot dibandingkan dengan ke pengguna biasa. Hal ini menyebabkan masalah, misalnya hasil yang kurang relevan (halaman muncul di hasil penelusuran meskipun kontennya sebenarnya tidak terkait dengan apa yang dilihat/diinginkan pengguna), jadi kami menangani penyelubungan dengan sangat serius.

Jadi apa artinya "halaman yang dilihat pengguna" jika Anda mehttp://konsepbiologiku.blogspot.com/2014/10/manfaatkan-dengan-baik-seo-untuk.htmlmberikan kedua versi dengan URL? Seperti disebutkan dalam pos sebelumnya, Google menggunakan "Googlebot" untuk penelusuran web dan "Googlebot-Mobile" untuk penelusuran seluler. Agar tetap mengikuti pedoman kami, seharusnya Anda memberikan konten yang sama untuk Googlebot seperti yang akan dilihat pengguna desktop biasa, dan konten yang sama untuk Googlebot-Mobile seperti yang akan dilihat di browser pada perangkat seluler biasa. Tidak masalah jika konten untuk Googlebot berbeda dari konten untuk Googlebot-Mobile.

Satu contoh tentang bagaimana Anda dapat terdeteksi sebagai penyelubungan secara tidak sengaja jika situs Anda memunculkan pesan seperti "Harap akses dari telepon seluler" ke browser desktop, namun kemudian memunculkan versi seluler penuh ke kedua perayap (sehingga Googlebot menerima versi seluler). Dalam kasus ini, halaman yang dilihat pengguna penelusuran web (misal: "Harap akses dari telepon seluler") berbeda dari halaman yang dirayapi Googlebot (misal: "Selamat datang di situs saya"). Sekali lagi, kami mendeteksi penyelubungan karena kami ingin memberikan konten relevan yang sama yang dirayapi Googlebot atau Googlebot-Mobile kepada pengguna.

demikianlah optimalisasi blog untuk telepon seluler. Pada posting berikutnya akan di bahas mengenai cara mempromosikan blog atau web yang tepat

No comments:

Followers